Senin, 21 Desember 2009

Pendidikan Siswa

Akhirnya semester ganjil telah tiba, banyak hal yang bisa diperoleh dalam pertengahan tahun pelajaran ini. Kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran masih terkendala oleh banyak faktor, diantaranya yaitu:
pertama: kontrol dari orang tua itu sendiri yang kurang mendukung terhadap kemajuan siswa, biasanya orang tua terlalu membebankan kepada pihak sekolah agar bisa, tetapi orang tua itu sendiri yang terkadang tidak mau bahkan tidak peduli terhadap apa yang menjadi masalah siswa.
kedua : lingkungan masyarakat yang terkadang menjadi sumber malas belajar.
ketiga : tontonan yang disajikan oleh berbagai media, terutama media elektronik, yang seharusnya menjadi tuntunan tetapi menyajikan berbagai macam rasa kebencian, iri, dengki, sikap konsumerisme dan sikap permusuhan terhadap sesama.
keempat: keadaan sekolah, baik sarana maupun prasarana yang kurang memadai.
kelima : pemerintah, baik itu di daerah maupun di pusat.
Memang di akui bukan hanya dari kelima faktor tersebut yang bisa mengakibatkan menurunnya motivasi belajar siswa atau bahkan tidak mendukung terhadap para pelajar, mungkin ada hal-hal lain yang di luar sana yang mengakibatkan potensi-potensi para pelajar belum tergali.
Intinya harus ada kesinambungan antara siswa itu sendiri, orang tua, pihak sekolah, maupun para stakeholder, agar bersama-sama duduk satu meja memecahkan masalah ini.

1 komentar:

  1. betul..saya rasa memang apa yang dikemukakan oleh sdr achmad bukan menjadi rahasia umum lagi, tetapi kita harus bisa berjuang bersama-sama demi kemajuan pelajar di Indonesia itu sendiri

    BalasHapus